Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran
illustrasion www.gurupenyemangat.com
Proses belajar adalah sebuah proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, perubahan tingkah laku, keterampilan, sikap dan nilai positif dari materi dan pengalaman yang dipelajari. Pembelajaran sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua siswa. pembelajaran kadang bisa menjadi suatu yang menyenangkan dan banyak juga yang merasa tidak menyenangkan. menyenangkan atau tidaknya suatu pembelajaran bisa dilihat dari berbagai faktor. Ada yang memang darki faktor anaknya yang memang tidak menyukai belajar atau juga bisa dari faktor pengajarnya yang kurang siap dalam mengajar yang mengakibatkan anak didiknya tidak menyukai pembelajaran tersebut.1. Faktor Internal
Faktor yang bersifat internal ini adalah suatu
hambatan dalam belajar yang bersumber dari dalam diri individu. faktor internal terdiri dari faktor fisik dan psikis. Faktor ini sangat besar pengaruhnya
terhadap kemajuan belajar siswa. Karena faktor internal biasanya tidak disadari oleh siswa
yang bersangkutan, dan walaupun disadari biasnya siswa menganggap remeh dan sama
sekali tidak berusaha menghilangkan dan memperbaiki gejala yang dialaminya.
a.
Factor fisologis: Kesehatan
Seseorang dapat belajar denngan baik haruslah mengusahakan kesehatan
badannya tetap terjamin dengan cara selalu mengindahkan ketentuan-ketentuan
tentang bekerja, belajar, istirahat, tidur, makan, olahraga dan lain-lain. Sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagiannya/bebas
dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan berpengaruh
terhadap belajarnya. Slameto (2003 : 54)
b.
Factor psikologis:
Faktor-faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi proses belajar. Faktor psikologis yang utama dapat mempengaruhi belajar adalah kecerdasan siswa, motifasi, minat, sikap dan bakat. Yang pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Dengan dmikian, kecerdasan bukan hanya berkaitan dengan kualitas otak saja, tetapi juga organ-organ tubuh lainnya. Kecerdasan merupakan faktor psikologis yang paling penting dalam proses belajar siswa, karena itu menentukan kualitas belajar siswa. Semakin tinggi iteligensi seorang individu, semakin besar peluang individu tersebut meraih sukses dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah tingkat intelegensi individu, semakin sulit individu itu mencapai kesuksesan belajar.
2. Faktor Eksternal
Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap belajar, dapat dikelompokkan menjadi tiga faktor yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
a.
Factor keluarga
Keluarga merupakan tempat pertama dimana seorang anak mulai belajar,
keluarga memiliki peranan dan pengaruh yang sangat penting dalm membentuk
belajar dari seorang anak berikut pengaruh keluarga dalam mengajar
- Cara orang tua mendidik
- Relasi antar aggota keluarga
- Suasana rumah
- Keadaan ekonimi keluarga
- Pengertian orang tua
- Latar belakang kebudayaan (tingkat pendidikan dan kebiasaan orang tua)
b.
Faktor sekolah
Kondisi perlengkapan yang bisa digunakan untuk mengikuti proses belajar
seperti disekolah. Karena sekolah mampu memberikan fasilitas yang layak dan
cukup, maka proses belajar dan hasil dari proses belajar akan berebeda dengan fasilitas
yang kondisinya kurang yang akan menjadi salah satu factor instrumental yang
dapat mempengaruhi pproses belajar seseorang.
c.
Faktor lingkungan
Kehidupan
masyarakat di sekitar siswa juga berpengaruh terhadap belajar siswa.
Masayarakat yang memiliki perilaku yang kurang baik yang berada di sekitar
siswa akan berpengaruh buruk kepada siswa (anak) yang berada di sekitar itu.
Siswa akan tertarik terhadap apa yang dilakukan oleh orang yang berada di
sekitarnya sehingga dapat mengganggu belajarnya bahkan siswa tersebut akan kehilangan
semangat belajarnya karena perhatiannya semula terpusat kepada pelajaran
berpindah keperbuatan-perbuatan yang jelek yang selalu dilakukan oleh
orang-orang disekitarnya. Dan sebaliknya, jika di sekitar siswa tersebut adalah
orang-orang yang terpelajar yang baik-baik, mereka mendidik dan menyekolahkan
anak-anaknya, antusias dengan cita-cita yang luhur akan masa depan anaknya,
siswa terpengaruh juga ke hal-hal yang dilakukan oleh orang yang berada di
lingkungannya. Pengaruh itu dapat mendorong semangat siswa untuk belajar lebih
giat lagi.
Ahsana Taqwiyan.
(2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran.
Hervandha Ris
Daniarti Fadlilah. (2013). Faktor-Faktor yang mempengaruhi pembelajaran.
Insan Madina.
(2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dalam Diri Seseorang
Dua Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar.
Muh. Naufal Dzaky
Irwan. (2010). Faktor-Faktor yangv Mmempengaruhi Belajar. irwan-abdullah.blogspot.
makasi rangkumannya sangat membantu👍
BalasHapus