Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran

illustrasion www.gurupenyemangat.com

    Proses belajar adalah sebuah proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, perubahan tingkah laku, keterampilan, sikap dan nilai positif dari materi dan pengalaman yang dipelajari. Pembelajaran sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua siswa. pembelajaran kadang bisa menjadi suatu yang menyenangkan dan banyak juga yang merasa tidak menyenangkan. menyenangkan atau tidaknya suatu pembelajaran bisa dilihat dari berbagai faktor. Ada yang memang darki faktor anaknya yang memang tidak menyukai belajar atau juga bisa dari faktor pengajarnya yang kurang siap dalam mengajar yang mengakibatkan anak didiknya tidak menyukai pembelajaran tersebut.

1. Faktor Internal

Faktor yang bersifat internal ini adalah suatu hambatan dalam belajar yang bersumber dari dalam diri individu. faktor internal terdiri dari faktor fisik dan psikis. Faktor ini sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar siswa. Karena faktor internal biasanya tidak disadari oleh siswa yang bersangkutan, dan walaupun disadari biasnya siswa menganggap remeh dan sama sekali tidak berusaha menghilangkan dan memperbaiki gejala yang dialaminya.

a.      Factor fisologis: Kesehatan

Seseorang dapat belajar denngan baik haruslah mengusahakan kesehatan badannya tetap terjamin dengan cara selalu mengindahkan ketentuan-ketentuan tentang bekerja, belajar, istirahat, tidur, makan, olahraga dan lain-lain. Sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagiannya/bebas dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan berpengaruh terhadap belajarnya. Slameto (2003 : 54)

b.      Factor psikologis:

Faktor-faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi proses belajar. Faktor psikologis yang utama  dapat mempengaruhi belajar adalah kecerdasan siswa, motifasi, minat, sikap dan bakat. Yang pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Dengan dmikian, kecerdasan bukan hanya berkaitan dengan kualitas otak saja, tetapi juga organ-organ tubuh lainnya. Kecerdasan merupakan faktor psikologis yang paling penting dalam proses belajar siswa, karena itu menentukan kualitas belajar siswa. Semakin tinggi iteligensi seorang individu, semakin besar peluang individu tersebut meraih sukses dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah tingkat intelegensi individu, semakin sulit individu itu mencapai kesuksesan belajar.

2. Faktor Eksternal

Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap belajar, dapat dikelompokkan menjadi tiga faktor yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

a.      Factor keluarga

Keluarga merupakan tempat pertama dimana seorang anak mulai belajar, keluarga memiliki peranan dan pengaruh yang sangat penting dalm membentuk belajar dari seorang anak berikut pengaruh keluarga dalam mengajar

- Cara orang tua mendidik

- Relasi antar aggota keluarga

- Suasana rumah

- Keadaan ekonimi keluarga

- Pengertian orang tua

- Latar belakang kebudayaan (tingkat pendidikan dan kebiasaan orang tua)

b.      Faktor sekolah

Kondisi perlengkapan yang bisa digunakan untuk mengikuti proses belajar seperti disekolah. Karena sekolah mampu memberikan fasilitas yang layak dan cukup, maka proses belajar dan hasil dari proses belajar akan berebeda dengan fasilitas yang kondisinya kurang yang akan menjadi salah satu factor instrumental yang dapat mempengaruhi pproses belajar seseorang.

c.      Faktor lingkungan

Kehidupan masyarakat di sekitar siswa juga berpengaruh terhadap belajar siswa. Masayarakat yang memiliki perilaku yang kurang baik yang berada di sekitar siswa akan berpengaruh buruk kepada siswa (anak) yang berada di sekitar itu. Siswa akan tertarik terhadap apa yang dilakukan oleh orang yang berada di sekitarnya sehingga dapat mengganggu belajarnya bahkan siswa tersebut akan kehilangan semangat belajarnya karena perhatiannya semula terpusat kepada pelajaran berpindah keperbuatan-perbuatan yang jelek yang selalu dilakukan oleh orang-orang disekitarnya. Dan sebaliknya, jika di sekitar siswa tersebut adalah orang-orang yang terpelajar yang baik-baik, mereka mendidik dan menyekolahkan anak-anaknya, antusias dengan cita-cita yang luhur akan masa depan anaknya, siswa terpengaruh juga ke hal-hal yang dilakukan oleh orang yang berada di lingkungannya. Pengaruh itu dapat mendorong semangat siswa untuk belajar lebih giat lagi.

Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran juga bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Jika saat pembelajaran matematikapun seperti itu. Dengan adanya dorongan yang positif dalam hal pembelajaran matematika berlangsung, anak  akan bisa menerima pembelajaran matematika yang dipelajarinya. Tidak hanya untuk pembelajaran matematika saja, untuk pembelajaran lain disekolah juga bisa melalui faktor-faktor pembelajaran seperti yang diatas.



REFERENCE

Ahsana Taqwiyan. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran.

Hervandha Ris Daniarti Fadlilah. (2013). Faktor-Faktor yang mempengaruhi pembelajaran.

Insan Madina. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dalam Diri Seseorang Dua Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar.

Muh. Naufal Dzaky Irwan. (2010). Faktor-Faktor yangv Mmempengaruhi Belajar. irwan-abdullah.blogspot.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer